makanan-mengandung-vitamin-b-brokoli

Ini Dia 3 Sumber Vitamin B Dalam Sayuran

Posted on

Makanan Yang Mengandung Vitamin BKali ini kita akan membahas tentang Makanan yang mengandung vitamin B kompleks banyak terdapat dalam buah-buahan, sayuran, dan dari daging serat olahan hewan. Sama seperti jenis vitamin A, vitamin C, vitamin D dan semua jenis vitamin lainnya, vitamin B itu sangatlah dibutuhkan oleh tubuh. Tetapi karena salah satu sifat khusus dari vitamin B, kita perlu menjaga asupan nutrisi terutama yang mengandung vitamin B. Vitamin B bersifat larut dalam air, oleh karena itu tidak bisa disimpan dalam tubuh. Tetapi tubuh kita terus membutuhkan vitamin B untuk mendukung metabolisme tubuh dan beberapa peran lainnya.

Pada mulanya vitamin B diketemukan hanya dalam bentuk tunggal seperti vitamin A, vitamin D dan jenis vitamin lain. Tetapi seiring terus berkembangnya penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan nutrisi, akhirnya mereka menemukan adanya vitamin B kompleks dalam berbagai sumber makanan. Vitamin B dapat melengkapi berbagai jenis kebutuhan kesehatan yang sangat kritis contohnya mempengaruhi semua jenis sistem tubuh dan semua aspek yang mendukung kesehatan tubuh itu sendiri. Itu sebabnya, beberapa jenis vitamin B sangat diperlukan oleh tubuh. Di bawah ini adalah beberapa jenis Makanan yang mengandung vitamin B dan manfaatnya untuk tubuh kita.

  1. Asparagus

Asparagus merupakan sayuran khas karena sayuran ini tumbuh saat musim semi. Asparagus belum banyak ditanam di Indonesia ,itu sebabnya Asparagus merupakan salah satu jenis sayuran impor, yang biasanya dapat ditemukan di pasar sayur organik atau supermarket. Asparagus biasanya dimasak untuk campuran sup atau beberapa jenis sayur rebus lain.

Manfaat asparagus untuk kesehatan tubuh diantaranya adalah:

  • Asparagus sangat cocok untuk melancarkan saluran pencernaan karena kandungan serat dan protein.
  • Asparagus juga bermanfaat untuk mencegah diabetes tipe 2 dan memelihara kesehatan jantung.
  • Dan Asparagus ini juga mengandung senyawa glutatin yang dapat menangkal kerusakan kulit akibat efek sinar matahari secara langsung.
  • Asparagus juga mempunyai sumber vitamin B yang sangat besar sehingga dapat bermanfaat untuk mengatur kadar gula darah.
  • Selain vitamin B asparagus juga bisa mengandung vitamin A+ yang juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah kerusakan ginjal.
  1. Sawi

makanan-mengandung-vitamin-b-sawi

Sawi hijau juga dikenal dengan sebutan Chaishin, jenis sawi ini mempunyai warna yang agak hijau segar di daun dan batang yang berwarna putih keputihan. Biasanya cara mengkonsumsi sawi putih adalah dengan di masak menjadi campuran beberapa menu masakan. Beberapa jenis sawi mempunyai rasa manis, sedikit pahit dan segar. Mengkonsumsi sawi dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin B, selain itu sawi juga mempunyaimanfaat yang dashat bagi tubuh kita, seperti:

  • Sawi mempunyai kandungan serat yang sangat tinggi, itu sebabnya sawi sangatlah penting untuk menjaga kesehtan usus kita, memperlancarkan proses metabolisme dan mencegah peradangan pada usus.
  • Sawi mempunyai anti zat oksidan tinggi dan bisa menangkal racun yang masuk ketubuh kita. Selain itu sawi juga mempunyai zat anti inflamasi yang dapat mencegah peradangan pada kandung kemih.
  • Sawi juga mempunyai zat sulfur yang bisa menjadi sebuah zat detoksifikasi alami didalam tubuh, sehingga bisa mencegah penyakit jantung dan kanker.
  1. Brokoli

makanan-mengandung-vitamin-b-brokoli

Brokoli merupakan sayur hijau dengan ciri khas rasa lezat dan renyah. Brokoli dapat dimasak menjadi sup atau sebagai campuran sayur yang lain. Selain manis dan lezat, brokoli juga mempunyai kandungan vitamin dan mineral yang jumlahnya sangat tinggi. Memakan brokoli secara rutin akan sangat baik bagi kesehatan. Berikut ini adalah manfaat brokoli untuk kesehatan tubuh kebanyakan orang.

  • Brokoli mempunyai kandungan serat larut dalam jumlah sangat tinggi dan berkhasiat untuk menurunkan kolesterol, melancarkan proses pencernaan serta mendukung proses metabolisme tubuh.
  • Dan Kandungan senyawa anti zat oksidan , vitamin C & flavonoid dan dalam brokoli dapat menjadi zat pencegah kanker yang begitu efektif.
  • Brokoli menjadi sayuran yang dapat mengendalikan beberapa reaksi alergi dan berbagai peradangan karena memiliki zat omega-3, kaemferol, dan zat anti inflamasi.
  • Brokoli mendukung peran dalam pertumbuhan dan kesehatan tulang karena mengandung vitamin K dan kalsium.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *