makanan-khas-sulawesi-tenggara-kasoami

4 Makanan Khas Sulawesi Tenggara yang Bisa Anda Cicipi

Posted on

Makanan Khas Sulawesi Tenggara – Bicara soal kuliner di Indonesia memang tidak ada habis habisnya ya. Negara kita Indonesia memang kaya akan budaya serta kaya akan cita rasa kuliner yang rasanya akan membuat siapa saja yang berkunjung ke Indonesia akan ketagihan. Setiap pulau di Indonesia mempunyai makanan khas tersendiri dan dengan nama yang berbeda beda. Kadang kita jumpai makanan dengan nama yang hampir sama seperti soto Makassar dengan soto lamongan. Memang sama sama soto tetapi rasa yang diberikan oleh kedua masakan tersebut jauh berbeda lho. Ini lah yang kita sebut dengan keberagaman kuliner, walaupun sama nama tetapi beda rasa, atau walaupun beda rasa tetap termasuk makanan khas Indonesia. Okeh kali ini kita akan membahas tentang makanan khas Sulawesi Tenggara. Bagi anda yang pernah berkunjung ke salah satu provinsi di Sulawesi Tenggara pasti pernah dong mencicipi beberapa masakan kuliner atau makanan khas Sulawesi Tenggara. Masih ingat ga apa saja namanya? Hehe . sekedar mengingatkan anda kembali atau bagi yang belum pernah berkunjung ke Sulawesi Tenggara maka kali ini kita akan bahas beberapa makanan khas Sulawesi Tenggara. Apa saja ya? Simak di bawah ini yaa.

makanan-khas-sulawesi-tenggara-kasoami

  1. Kasoami (Daerah Buton dan Wakatobi)

Makanan khas Sulawesi Tenggara yang pertama ini merupakan makanan yang bahan dasarnya adalah ubi. Namanya yaitu kasoami, memang agak susah ya menyebut namanya. Tetapi tahukah anda bahwa Kasoami ini mempunyai cita rasa yang khas banget dan gak mungkin bisa kita temui di makanan dari daerah manapun. Rasanya tergolong unik dan sangat enak bila dinikmati bersama ikan asin. Dalam proses pembuatan kasoami, biasanya makanan ini disajikan dengan lauk kering beserta sambel dan sayuran. Jadi intinya kasoami ini adalah lontongnya orang jawa teman.

  1. Kabuto

Kabuto merupakan makanan khas Sulawesi Tenggara yang juga berasal dari tempat/daerah Muna dan Buton. Ketika pertama kali mendengar makanan ini pasti sudah tidak asing lagi bagi kita. Tetapi apakah anda tahu kabuto ini terbuat dari apa? Iyup betul, makanan ini terbuat dari bahan dasar ubi kayu atau singkong lho yang sudah dikeringkan dan sengaja dibiarkan berjamur. Dalam waktu yang lama disimpan dalam keadaan kering dan rasanya akan semakin enak bila dimakan. Makanan kabuto ini biasanya dimakan dengan parutan kelapa agar terasa lebih gurih. Tetapi ada juga lho yang memakan kabuto dengan menggunakan lauk ikan. Nah lho jadi makanan ini makanan ringan atau makanan berat? mungkin bisa berfungsi sebagai keduanya kali ya. Oke lanjut makanan khas Sulawesi Tenggara yang ketiga.

  1. Lapa-lapa

Kalau dilihat dari gambarnya seperti makanan jawa yang terbuat dari beras ketan dan dibungkus dengan daun kelapa ya? emang iya kok, sama banget, tetapi ada sedikit perbedaanya lho. Kalau di jawa biasanya makanan ini disebut lepet, tetapi di Sulawesi Tenggara makanan ini disebut lapa-lapa. Lagi lagi nama makanan nya unik kan? Lapa-lapa ini merupakan salah satu makanan khas Sulawesi Tenggara yang juga gurih seperti lepet. Bedanya makanan ini terbuat dari beras, tetapi dimasak dengan direbus di santan jadinya gurih. Lala-lapa ini juga biasanya dimakan dengan menggunakan ikan lho.

  1. Sinonggi

Sinonggi juga merupakan masakan khas Sulawesi Tenggara khususnya khas suku Tolaki yang terbuat dari pati sari sagu. Bagi Suku Tolaki sendiri, sinonggi adalah makanan pokok mereka yang sekarang telah banyak digantikan dengan nasi.

Baca tuankoki.com edisi Tempe Bacem Spesial

Incoming search terms:

  • resep lapa-lapa sulawesi tenggara
  • resep lapa-lapa khas buton
  • soto khas sulawesi tenggara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *