Cobain Yuk, 5 Makanan Unik Khas Papua Barat

Makanan Khas Papua Barat – Sudah pernah mencoba makanan khas Papua Barat belum? jika belum maka anda sebaiknya mencoba beberapa makanan khas Papua Barat sob, karena disamping rasa dari makanan tersebut tidak kalah enak dengan makanan di daerah kalian masing masing, nama dari makanan tersebut juga lucu dan unik, memang kita banyak yang belum tahu makanan khas Papua Barat, maka dari itu langsung saja kita bahas, apa saja ya makanan khas Papua Barat.

makanan-khas-papua-barat-papeda

  1. Papeda

Nah lho dari namanya udah unik banget kan? papeda ini merupakan salah satu makanan khas Papua Barat. Papeda ini merupakan makanan yang berbahan dasar sagu dan diolah hampir mirip seperti bubur. Pasti gak pernah bayangin kan makan bubur sagu sama kuan ikan? papeda di Papua Barat disajikan dengan kuah ikan, ikannya pun beraneka ragam tergantung selera, kalau membayangkan mungkin rada lucu, tapi kalau udah nyoba makanan yang satu ini pasti kata kata yang terlontar adalah enak, kenyal, gurih, dan unik, makanan ini bakal dijadikan makanan khas Papua Barat yang sudah dipatenkan lho. Keren kan?

  1. Martabak Sagu

Kalau biasanya kita menjumpai martabak telur, maka di Papua Barat yang dominan bahan makanannya berasal dari sagu maka martabak asli papua barat juga berasal dari sagu, yang dinamai martabak sagu. Martabak ini  dibuat dari sagu yang telah dihaluskan lalu digoreng dan ditambahkan gula merah. Martabak ini berasal dari Kabupaten Fakfak. Rasa dari makanan ini juga enak dan manis lho. Berminat untuk mencoba? langsung pergi ke Fakfak yaa.

  1. Sate Ulat Sagu

Salah satu makanan khas Papua Barat lainnya adalah Sate Ulat Sagu. Ulat sagu memang sudah terkenal di papua barat. Tetapi jenis makanan yang satu ini mungkin membuat kita mual bahkan muntah. Ulat Sagu sendiri didapatkan dari pohon sagu yang umurnya sudah tua. Masyrakat asli papua yang sudah terbiasa hidup di alam sering memakan ulat sagu tanpa diolah dahulu. Tetapi ulat sagu sekarang sudah diolah dengan cara dibakar sehingga mirip dengan sate. Sehingga namanya sate ulat sagu.

  1. Ikan Bakar Manokwari

Sesuai dengan namanya, makanan ini berasal dari Manokwari, Papua Barat. Manokwari merupakan Ibukota dari Provinsi Papua Barat. Ikan sejenis ini yang sering kali digunakan untuk dipanggang/dibakar adalah jenis ikan tongkol. Jika anda ke Manokwari maka sangat di rekomendasikan menikmati makanan pedas ini. Sambal yang dipakai berbeda dengan sambal yang mungkin pernah anda cicipi selama ini!

  1. Ikan Bungkus

Mungkin bentuk dari makanan ini mirip sama ikan pepes dan memakai resep hampir sama. Yang membuat beda adalah bahan dasar dari keduanya. Bahan dasar dalam pembuatan ikan bungkus ialah ikan laut. Dan pembuatan ikan bungkus ini memerlukan bumbu lebih beragam dan tambahan daun salam sebagai pembungkusan. Ikan bungkus ini dimakan dengan nasi.

Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk mencoba salah satu dari makanan khas Papua Barat yang telah kita bahas barusan? Harga makanan khas Papua Barat bisa terbilang mahal untuk kalangan orang pulau jawa. Tetapi bagi orang luar pulau jawa makanan tersebut dijual dengan harga sangat murah dan rasa yang diberikan juga sangat nikmat. Baca : Cara Membuat Tempe Bacem

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX5A582D331DD28
error: Content is protected !!