Coba Yuk Cara Membuat Donat Kentang Istimewa Berikut

Cara Membuat Donat KentangDonat kentang ini adalah makanan kesukaan saya sejak kecil, karena pada umumnya juga anak kecil suka makan donat apalagi donat yang satu ini. Cara membuat donat kentang terbilang cukup mudah, dan karena fakta itu saya mencoba untuk membuat artikel yang berjudul cara membuat donat kentang.

Dari resep ini kalian dapat membuatnya di rumah karena selain saya beri resep nya saya akan juga pandu anda dalam cara pembuatannya. Oleh karena itu persiapkanlah diri anda karena sebentar lagi kita akan membahas resep nya. Donat kentang juga banyak yang menjual nya karena  sebagian anak kecil suka makanan ini bahkan yang sudah tua pun masih ada yang suka (termasuk saya hihihi). Ok kita sudah HI basa basi ini langsung saja kita proses pembuatannya.

membuat donat kentang

Sebelum kita membahas proses nya kita akan persiapkan bahan bahannya terlebih dahulu.

Bahan dasar membuat donat kentang :

  1. 4 butir telur ayam
  2. ½ kg tepung terigu yang berprotein tinggi
  3. ¼ kg kentang ukuran besar
  4. 11 gram ragi instan
  5. 1 sendok teh garam
  6. 3 sendok makan susu bubuk full cream
  7. 4 sendok makan gula atau secukupnya saja
  8. Minyak goreng secukupnya
  9. 1 sendok teh baking powder
  10. Air putih sekitar 100 ml
  11. Minyak goreng secukupnya saja

Bahan untuk topping donat juga:

  1. 2 sendok makan margarin
  2. Messes atau bisa juga tepung gula secukupnya
  3. 100 gram dark cooking chocolate atau bisa juga 1 cokelat batangan

Proses pembuatan donat kentang:

  1. Langkah pertama potong kentang, lalu rebus hingga matang.
  2. Kemudian, haluskan ketang yang sudah kita rebus tadi menggunakan blender atau bisa juga menggunakan tumbukan
  3. Lalu campurkan gula, susu bubuk, telur, ragi, tepung terigu, baking powder dan yang terakhir ketang yang sudah kita haluskan tadi. Lalu aduk aduk sampai rata
  4. Selanjutnya aduk aduk adonan tadi (anda bisa juga menggunakan alat pengaduk untuk mempercepat proses nya), aduk hingga kalis lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit atau sampai adonan mengembang dengan sendirinya.
  5. Kemudian masukkan mentega, garam, dan air . lalu aduk sampai kalis. Aduk sampai kurang lebih 10 menitan

Tips: hindari mencampurkan ragi, mentega, dan juga garam secara bersamaan. Itu mengakibatkan adonan kita menjadi kaku dan tidak mengembang.

  1. Selanjutnya bagi adonannya tadi menjadi beberapa bagian lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit agar adonan tadi mengembang
  2. Kemudian setelah benar benar mengembang, bentuk adonannya menyerupai donat pada umumnya
  3. Siapkan wajan, lalu tuangkan minyak goreng nya ke wajan kemudian goreng adonan donat tadi (gunakan beberapa alat bantu seperti supit agar donat nya tidak rusak)

Tips: bila ingin hasil yang sempurna, kecilkan apinya dulu dan berikan minyak goreng yang agak sedikit banyak agar donat tenggelam setengah dan tidak menyentuh dasar wajan nya.

Bila ingin donat anda tidak polosan bisa kita tambahkan toping atau messes, dan kalau kalian kesulitan melengketkan messes nya pada donat saya akan berikan cara melengket kan messes pada bagian atas donat nya:

Cara menambahkan topping coklat pada donat

  1. Pertama potong potong cokelat nya
  2. Kemudian campurkan dua sendok margarin dan cokelat ke wajan yang anti lengket, masak sampai mencair
  3. Celupkan donat nya kedalam cokelat yang sudah mencair (celupkan donat bagian atasnya saja), setelah sudah kita celupkan donat nya akan kita taburi dengan messes

Tips: di langkah kedua cukup panaskan margarin nya lalu masukkan cokelat nya kedalam wajan anti lengket yang sudah berisi margarin yang meleleh. PENTING UNTUK MEMATIKAN API SETELAH COKLAT DIMASUKKAN KEDALAM WAJAN!!.

Haha ok donat pun siap untuk di sajikan. dalam membuat donat kita harus sabar dan teliti karena jikalau kita sembrono dalam memasak nya, donat yang kita buat tidak akan jadi dengan sempurna. Jikalau kalian pengen merasakan sensasi rasa yang beda dari donat nya, anda bisa meru bah messes tersebut dengan bumbu taburan yang dirasa enak untuk dimakan dengan donat kentang ini. Sekian untuk pembahasan saya kali ini, semoga bisa menambah wawasan kita dalam hal membuat makanan yang lezat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX5A582D331DD28
error: Content is protected !!