Cara Membuat Ikan Asin

Perhatikan, Ini Dia Cara Membuat Ikan Asin Yang Jarang Diketahui

Posted on

Cara Membuat Ikan AsinNegara indonesia memang banyak memiliki beraneka ragam makanan khasnya dan juga sudah masuk ke dunia internasional. Hebatnya lagi dibanyak pulau di indonesia mempunyai makanan khas tersendiri sehingga akan semakin banyak makanan khas asli dari Indonesia.

Ikan asin menjadi makanan khas dari daerah di indonesia seperti pekalongan, berbagai makanan sangat cocok untuk dimakan dengan ikan asin. Jika membicarakan ikan asin, sebenarnya mengapa kok disebut dengan ikan asin? Ikan asin merupakan bahan dasar untuk membuat masakan yang diolah dari beberapa jenis ikan yang sudah diawetkan dengan menambahkan garam dan dengan cara alami.

Cara Membuat Ikan Asin

Cara membuat ikan asin menggunakan metode pengawetan, daging ikan yang biasanya membusuk jika dalam waktu yang lama bisa disimpan di kamar yang dingin dengan waktu yang sangat lama dan bahkan bertahun-tahun, ikan asin banyak diproduksi oleh orang-orang dekat pantai karena mudah untuk mencari ikannya.

Namun untuk anda, siapa saja jika ingin membuatnya sendiri dengan kreasi anda sendiri karena cara membuat ikan asin itu sangatlah mudah dan juga gampang jika sudah mengetahui caranya, namun dalam pembuatan ikan asin ini juga dibutuhkan waktu yang lumayan lama dan selain itu juga membutuhkan sinar matahari yang cukup terik dan panas untuk menjemurnya, untuk ikannya anda bisa gunakan jenis ikan didalam air bahkan semua ikan dapat diasinkan akan tetapi untuk caranya juga berbeda-beda.

Nah untuk kali ini kami akan menjelaskan cara membuat ikan asin dengan benar, sebagai berikut:

  1. Bahan yang perlu disiapkan antara lain :
  2. Garam ½ kg perbandingan 1:2
  3. Ikan tawar maupun ikan laut 1 kg
  4. Air 1-2 liter
  5. Berikut beberapa cara untuk membuat ikan asin, antara lain :
  6. Untuk proses pertama anda harus mempersiapkan ikannya terlebih dahulu untuk digunakan sebagai bahan utamanya
  7. Sesudah semuanya disiapkan kemudian kumpulkan dalam satu wadah
  8. Untuk langkah selanjutnya taburi ikan yang sudah dikumpulkan tadi dengan larutan garam yang sudah disiapkan sebelumnya, jika anda ikan yang ukurannya lumayan besar sebaiknya belah menjadi beberapa bagian agar larutan garam mudah untuk meresap pada daging ikan.
  9. Cara membuat ikan asin selanjutnya mendiamkan proses ketiga selama kurang lebih 20 hingga 24 jam.
  10. Dan proses yang terakhir yakni menjemur ikan yang sudah direndam dengan air garam, dibawah terik sinar matahari langsung, dan dalam jangka waktu sekitar 1 hingga 3 hari agar ikan kering.

Jika sudah kering ikan asin tidak akan berbau lagi dibanding sebelumnya dan selain itu juga tidak ada bakterinya, didalam kandungan garam dapat menyusutkan cairan sel dan akan memberhentikan proses autolisis serta dapat mencegah tumbuhnya bakteri didalam daging ikan, dan setelah semuanya selesai jadilah ikan asin.

Nah untuk cara membuat ikan asin diataskan sudah selesai dan sudah menjadi ikan asin akan tetapi belum layak untuk dikonsumsi, maka dari itu disini juga menyajikan cara untuk mengolahnya, antara lain:

  1. Proses pertama ambil ikan asin yang sudah kering
  2. Kemudian cuci ikan tersebut dengan air, dan panaskan minyak goreng
  3. Kemudian goreng ikan asin tadi sampai matang dan jangan gosong kalau bisa
  4. Setelah matang angkat dan tunggu hingga minyak benar-benar sudah menetes
  5. Proses terakhir yakni penyajian ikan asin bersama samba terasi atau bisa juga sambal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *