makanan-berlemak-jahat-untuk-kesehatan

Ini Dia Makanan Berlemak Sehat Yang Harus Anda Konsumsi

Posted on

Contoh Makanan Berlemak – Tidak semua makanan yang berlemak itu tidak sehat lho. Berikut akan kami tunjukkan contoh makanan berlemak yang baik dan contoh makanan berlemak yang harus dihindari.

Contoh makanan berlemak yang baik

makanan-berlemak-baik-untuk-kesehatan

Ikan

Ikan adalah contoh makanan berlemak. Jenis ikan yang mengadung lemak baik adalah salmon, haing, sarden, dan makarel. Ikan jenis ini malah mengandung omega 3 yang sangat baik untuk jantung anda.

Sayur-sayuran

Sayur merupakan contoh makanan berlemak. Sayuran umumnya berdaun hijau seperti bayam, kangkung, sawi. Sayur ini juga mengandung omega 3 yang baik untuk tubuh anda.

Telur

Telur contoh makanan berlemak berikutnya. Selain mengandung protein, telur juga ternyata mengandung omega 3 yang lumayan tinggi lho. Tetapi kita hanya boleh mengkonsumis telur 1 butir sehari.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga merupakan contoh makanan berlemak. Kadar lemak yang baik dalam minyak zaitun terbilang sangat tinggi lho, tetapi ingat bahwa kita harus membatasi asupan lemak kita, sehingga ketika masak dengan minyak zaitun, takarannya harus sesuai.

Kacang-kacangan

Semua jenis kacang-kacangan termasuk dalam makanan berlemak dan sangat baik bagi kesehatan kita. Kita hanya boleh mengkonsumsi kacang-kacangan sebanyak 1 ons setiap harinya.

Biji-bijian

Biji-bijian masuk dalam kategori makanan berlemak. Biji yang dapat dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh adalah biji bunga matahari.

Alpukat

Alpukat adalah buah yang memiliki kandungan lemak. Buah yang satu ini selain rasa dagingnya sangat lembut juga mempunyai kandungan yang banyak lho. Buah ini biasanya dinikmati secara langsung atau dibuat jus.

Makanan yang Diperkaya Omega-3

Ada banyak makanan yang ditambahkan kandungan omega-3 untuk menambah nilai gizi dari makanan tersebut. Makanan itu misalnya produk susu, roti, telur, dan sereal yang diperkaya dengan omega-3.

Selain makanan-makanan di atas. Sekarang kita akan beralih ke makanan berlemak yang jahat atau yang harus kita hindari. Makanan ini boleh kita makan, tetapi jumlahnya hanya sekali dalam seminggu saja. Karena makanan ini mengandung lemak yang jahat yang dapat membuat kerja lambung dan jantung kita menjadi lebih lambat, sehingga untuk membuat makanan ini dapat dicerna dengan baik oleh usus maka lambung bekerja lebih ekstra dalam memecah makanan tersebut. Makanan inipun tidak semuanya dapat dicerna, tetapi ada sebagian lemak yang tidak tercerna dan akhirnya tertimbun menjadi timbunan lemak. Ini yang berbahaya bagi tubuh timbunan lemak ini akan membuat tubuh gemuk dan dapat memunculkan beberapa penyakit yang dapat merugikan kesehatan kita. Lalu makanan apa sajakah itu. Berikut akan kami jabarkan contoh makanan berlemak yang harus anda hindari.

Contoh makanan berlemak yang jahat

makanan-berlemak-jahat-untuk-kesehatan

Daging

Apabila anda suka mengkonsumsi daging maka sebaiknya anda mencoba untuk mengganti lauk makanan anda dengan lauk yang lain seperti ikan, telur atau tempe. Karena daging mengandung 1540 kalori dan 124 gram. Atau anda bisa menyiasatinya dengan memilih daging yang rendah lemak atau daging ayam tanpa kulit.

Hamburger

Sebenarnya roti di dalam humberger itu tidak buruk untuk kesehatan anda, yang buruk dan mengandung bahaya emak dalah keju pada hamburger. Keju mengandung 750 kalori dan 45 gram lemak.

Salad Bersaus Mayonnaise

Ternyata mayonnaise lah yang membuat salad sehat kita menjadi berbahaya karena mengandung banyak lemak. Kalori yang terkandung dalam 1 porsi saus adalah 180 dan 12 gram lemak

Minuman Dingin

Hindari untuk mengkonsumsi minuman dingin atau bersoda. Gantilah minuman anda dengan air putih, karena gula yang terkandung dalam minuman tersebut merupakan sumber kalori tubuh anda.

Note : Makan sayur ini untuk mengurangi lemak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *