Resep Dan Cara Membuat Masakan Garang Asem

Resep Masakan Garang Asem – Garang asem adalah masakan khas nusantara yang berasal dari pulau jawa khususnya jawa tengah tidak asing lagi dengan masakan yang satu ini, hidangan garang asem ayam ini mempunyai kualitas rasa yang gurih yang didapat pada santan dan juga perpaduan pedasnya cabai hijau dan merah tambah asamnya buah belimbing tentunya membuat pecinta kuliner akan terus mencari dimana tempat menjual garang asem ayam ini.

Berbagai macam hidangan hasil resep masakan garang asem sangat banyak ditemukan pada restoran atau rumah makan, makanan ini sangat kaya akan nama yakni garang asem Solo, garang asem kudus, Semarang dan masih banyak yang lainnya, rumah makan yang menjual hidangan ini tidak menyediakan pilihan rasa, misalkan saja tidak terlalu pedas untuk penderita maag bahkan rasa pedas untuk pecinta masakan pedas, daripada kita bepergian hanya ingin mencicipi lezatnya masakan garang asem, lebih baik kita membuatnya sendiri di dapur rumah kita masing-masing.

masakan garang asem

maka dari itu disini kami group masakan khas Indonesia akan menyajikan resep masakan garang asem dengan tambahan daging ayam yang gurih, sebab dengan membuat sendiri garang asem di rumah, anda bisa berkreasi dengan konsep anda sendiri, sebelumnya saya kasih tau dalam memasak garang asem ayam ini kita boleh memakai ayam kampung maupun ayam potong, supaya pembahasan kita melantur kemana-mana dan tidak jelas sebaiknya mari kita simak resep masakan garang asem berikut ini.

Bahan utama untuk membuat garang asem ayam

  • Daging ayam potong /kampung 750 gram
  • Cabai hijau 5 buah
  • Daun bawang 2 lembar
  • Cabai rawit 20-30 pcs
  • Belimbing wuluh 200 gram
  • Santan kental 1 liter
  • Daun kemangi secukupnya
  • Daun salam 3 pcs
  • Daun pisang untuk membungkus 1 lembar
  • Lengkuas secukupnya
  • Bawang merah local 10 siung
  • Bawang putih ukuran sedang 5 pcs
  • Kencur, jahe, kemiri dan ketumbar secukupnya

 Cara mengolah resep masakan garang asem dengan tambahan daging ayam

  1. Terlebih dahulu kita haluskan menjadi semua bahan dan bumbu (bawang merah, bawang putih, kencur jahe, ketumbar dan kunyit).
  2. Lalu kita potong ayam menjadi 14-22 bagian kemudian dibersihkan, setelah itu kita masukkan ayam ke wadah yang cukup besar, lalu anda masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi dan ratakan pada permukaan ayam, setelah itu kita masukkan garam dan sambil diremas bumbu tersebut pada daging ayam, saya sarankan untuk tidak menggunakan tenaga yang begitu besar dikarenakan dapat merusak daging ayam.
  3. Cara selanjutnya kita ambil wajan yang berisi air kemudian taruh diatas kompor dengan api yang sedang, kemudian kita masukkan semua bahan diatas.
  4. Berikutnya kita masukkan belimbing wuluh yang sudah dipotong, daun bawang, cabai rawit, cabai hijau, serai, daun bawang, serta santan sedikit demi sedikit sambil diaduk secara merata hingga daging bertekstur empuk.
  5. Kemudian kita siapkan daun pisang yang sudah dipersiapkan, potong dengan ukuran yang sedang, lalu kita kasih daun kemangi di alas daun dan taburi dengan ayam juga sedikit kuah yang sudah matang diatas.
  6. Kita bungkus dengan tatanan yang rapi dan di kunci menggunakan lidi supaya aman.
  7. Yang terakhir kita tinggal mengukus dengan menggunakan api yang sedang kurang lebih 35-45 menit.

Setelah anda membaca artikel resep masakan garang asem diatas, pasti anda semua berfikir kalau ternyata membuat hidangan garang asem ini sangatlah mudah, baiklah kalau begitu, semoga apa yang kita bahas bersama pada hari ini bisa bermanfaat untuk semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX5A582D331DD28
error: Content is protected !!